Mendengkur di malam hari? Rekaman mulut adalah tren berhenti merokok terbaru


Tidur dengan selotip pertama kali memasuki pasar sebagai peretasan tidur TikTok yang viral tahun lalu. Saya tidak berbicara tentang selotip bening yang Anda gunakan untuk membungkus kado. Beberapa merek menjual kaset khusus yang dirancang untuk dipakai pada malam hari. Trik ini akan membantu Anda memaksimalkannya Tidur nyenyak dalam hidup Anda, tapi apakah itu sekadar iseng-iseng di media sosial atau praktik berbahaya yang harus diabaikan?

Cerita ini adalah bagian dari Bulan Kesadaran Tidur 2024CNET mendalami bagaimana tidur memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengapa tidur penting bagi semua aspek kehidupan.

Bukti anekdot menunjukkan bahwa menutup mulut mungkin tidak dibuat-buat seperti yang Anda bayangkan. Penelitian di balik manfaatnya masih belum memadai dan terdapat risiko keamanan yang tidak boleh diabaikan. Mari kita bahas cara menggunakan selotip dengan aman dan siapa yang sebaiknya melewatkan trik ini sama sekali.

Apa itu selotip dan mengapa ada orang yang mau melakukannya?

Merekam mulut bukanlah ilmu roket. Dengan menutup mulut mereka di malam hari dengan pita perekat khusus yang ramah kulit, orang yang bernapas melalui mulut dipaksa untuk bernapas melalui hidung. Menurut para ahli medis, kita secara alami dirancang untuk bernapas melalui hidung. Saat Anda bernapas melalui hidung, sesuatu yang disebut oksida nitrat diproduksi.

“Nitric oxide adalah sesuatu yang melebarkan pembuluh darah Anda. Misalnya, melebarkan pembuluh darah akan membantu mengatasi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko stroke dan penyakit jantung. Dan itu meningkatkan sirkulasi darah,” kata Dr. Rajkumar Dasgupta, spesialis paru-paru dan tidur.

Bernafas melalui hidung memiliki beberapa manfaat penting:

  • Ini mencegah sinus Anda mengering
  • Ini membantu menyaring alergen
  • Ini mengurangi kecemasan
  • Ini menurunkan tekanan darah Anda
  • Ini memastikan pernapasan yang lebih baik dan kesehatan mulut yang lebih baik

Jika Anda merasa ngeri membayangkan tidak bisa menggerakkan mulut, Anda tidak sendirian, tetapi menutup mulut bukan berarti menutup mulut sepenuhnya. Kasetnya keropos dan Anda masih bisa bernapas di sekitarnya. Intinya mulutmu tetap tertutup, bukannya terbuka lebar dan ngiler di atas bantal. Tidak ada bahaya jika Anda tidak bisa memaksa mulut Anda terbuka.

Penyebab pernapasan mulut bisa bermacam-macam dan terkadang hanya karena kebiasaan. Jika pernapasan mulut lebih parah, penyebab utamanya adalah hidung tersumbat, deviasi septum, dan apnea tidur.

Bernafas melalui mulut tidak demikian buruk, tapi itu bukan cara bernapas yang paling sehat atau efektif. Ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping jangka panjang yang cukup serius. Karena pernapasan mulut dapat menyebabkan rendahnya kadar oksigen dalam darah, hal ini berkontribusi terhadap masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

Bernafas melalui mulut juga dapat menyebabkan keausan, kerusakan gigi, dan gigi impaksi. Orang yang bernapas melalui mulut juga lebih mungkin mengalami radang gusi dan bau mulut.

Kemungkinannya adalah, Anda tidak akan memilih untuk bernapas melalui mulut, tetapi mungkin diperlukan beberapa pelatihan ulang untuk beralih; karenanya popularitas rekaman mulut.

Apakah selotip mulut berfungsi?

Belum ada kepastian mengenai keefektifan penggunaan selotip untuk tidur—tidak banyak penelitian klinis mengenai praktik ini. Ada bukti anekdotal bahwa orang mencobanya dan berhasil. Mengomentari video rekaman mulut, Lauren Forbes berkata: “Saya dulunya bernapas melalui mulut tetapi melatih diri saya untuk bernapas hanya melalui hidung. Ini jauh lebih sehat karena berbagai alasan!!”

“Ibu saya memulainya ketika saya masih kecil, dan serangan asma parah yang sering dialaminya berkembang menjadi asma ringan yang dapat dikendalikan,” tambah Lauren Sargeant dalam komentarnya.

Meski begitu, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan apakah menutup mulut benar-benar membuat tidur lebih nyenyak. Sebuah studi percontohan pada tahun 2015 menemukan bahwa patch oral dapat membantu penderita sleep apnea. Penelitian ini hanya melibatkan 30 peserta, ukuran sampel terlalu kecil untuk menarik kesimpulan yang berarti. Studi lain pada tahun 2009 menemukan bahwa plester mulut tidak efektif untuk penderita asma.

Gambar Getty-1269241795 Gambar Getty-1269241795

Gambar Dougal Waters/Getty

Apakah plesteran mulut aman?

Rekaman mulut harus selalu dilakukan dengan hati-hati. Hal ini tidak aman bagi semua orang, terutama mereka yang mengalami kesulitan bernapas melalui hidung. Jangan mencoba menutup mulut Anda jika Anda kesulitan bernapas melalui hidung – misalnya karena alergi atau septum hidung yang menyimpang. Menutup mulut dengan selotip dapat memengaruhi kemampuan Anda bernapas secara teratur dan penuh. Anda sebaiknya menghindari merek yang menutupi seluruh mulut.

Jika Anda ingin mencoba tren ini, periksakan diri Anda terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan aman bagi Anda dan perhatikan tips berikut ini.

Gunakan hanya pita perekat yang aman untuk kulit

Pertama, sebaiknya gunakan selotip yang sesuai dengan kulit manusia saja dan jangan menutupi seluruh mulut dengan selotip. Hindari alat bantu rumah tangga biasa seperti pita perekat atau selotip, karena dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar mulut.

Cara terbaik adalah menggunakan pita perekat khusus untuk ini, misalnya. B. strip mulut dari Somnifix Karet mulut Sefudun – Dibentuk khusus agar Anda dapat bernapas dan perekatnya lembut di kulit. Anda juga dapat mampir ke apotek setempat dan membeli patch bedah.

Beritahu dokter Anda jika Anda mendengkur

Beberapa orang mencoba menghilangkan kebiasaan mendengkur dengan menempelkan selotip pada mulutnya. Tampaknya tidak berbahaya, tetapi mendengkur sering kali merupakan tanda apnea tidur obstruktif, yang dalam banyak kasus mungkin kurang terdiagnosis karena gejalanya dapat berbeda pada setiap orang. “Saya tidak bisa cukup mengatakannya, pertama-tama Anda harus menyingkirkan kemungkinan apakah Anda menderita apnea tidur obstruktif,” kata Dasgupta.

Kami mengerti; Janji untuk tidak mendengkur lagi tampaknya menggiurkan, namun plester mulut tidak membantu mengatasi gejala apnea tidur. Lebih baik tetap menggunakan metode tradisional seperti mesin CPAP. Bicaralah dengan dokter Anda dan lakukan pemeriksaan tidur untuk memastikan apakah Anda menderita apnea tidur obstruktif atau tidak. Jangan abaikan saja – apnea tidur dikaitkan dengan beberapa di antaranya masalah jangka panjang seperti Tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Ada cara lain untuk berhenti mendengkur tanpa harus menutup mulut dengan selotip. Dasgupta menyarankan agar Anda mencoba alternatif lain: “Saya juga ingin memberi tahu orang-orang bahwa ada cara lain untuk meredakan dengkuran selain menutup mulut dengan selotip. Anda bisa menggunakan tali dagu untuk menutup mulut; ini sebenarnya memiliki efek yang lebih besar pada rahang Anda. Itu.” adalah strip hidung yang baik untuk sebagian orang. Ada latihan pernapasan.”

Gambar Getty-1318050490 Gambar Getty-1318050490

Gambar Westend61/Getty

Cara lain untuk bernapas lebih baik di malam hari

Plesteran mulut saja mungkin tidak akan menyelesaikan masalah tidur kebanyakan orang, terutama jika masalah Anda adalah masalah tidur. Dan ini juga bukan solusi yang cepat. “Ini tidak seperti Anda menggunakannya suatu hari nanti dan mendapatkan manfaatnya. Kebanyakan orang menyebutkan menggunakannya selama empat hingga enam minggu sebelum mereka dapat mulai melatih tubuh mereka untuk bernapas melalui hidung tanpa selotip,” kata Dasgupta.

Seperti tren lain di luar sana, tren ini berhasil untuk sebagian orang dan tidak untuk orang lain. Jika tidak ingin mengambil risiko sisa lengket di bibir di pagi hari, Anda bisa mencoba tips berikut untuk tidur lebih nyenyak.

Ubah posisi tidur Anda

Anda dapat mengubah posisi tidur untuk mengurangi dengkuran dan pernapasan mulut. Tidur miring adalah pilihan terbaik untuk mengurangi dengkuran dan pernapasan mulut. Jangan khawatir; Sebenarnya cukup mudah untuk melatih diri Anda untuk tidur miring. Cukup gunakan beberapa bantal yang ditempatkan dengan baik agar Anda tidak terjatuh. Anda bisa menggunakan bantal khusus seperti bantal pinggang atau bantal multi posisi, namun ini tidak penting.

Bersikaplah strategis saat memilih obat alergi Anda

Sebagai penderita alergi, hidung tersumbat membuat saya sulit bernapas melalui mulut. Untungnya, ada obat alergi, dan tergantung kapan Anda meminumnya, obat tersebut dapat meredakan gejala Anda. Gejala alergi yang umum seperti pilek atau bersin sering kali mencapai puncaknya di pagi hari. Oleh karena itu, ada baiknya Anda meminum obat alergi 24 jam di malam hari agar obat tersebut beredar di aliran darah dan memberikan kelegaan saat bangun tidur.

Obat alergi jangka pendek paling efektif segera setelah diminum. Jika Anda biasanya sulit tidur di malam hari karena gejala alergi yang Anda alami, cobalah minum obat alergi jangka pendek sebelum tidur.

Baca selengkapnya: Pembersih udara terbaik

Ciptakan rutinitas malam dan patuhi itu

Selotip di mulut Anda tidak akan membantu Anda tidur jika Anda tidak tidur nyenyak Kebersihan tidur. Rutinitas malam hari Anda sangat penting untuk memastikan Anda rileks dan tubuh Anda siap untuk tertidur. Rutinitasnya akan berbeda untuk setiap orang. Beberapa orang suka membaca untuk bersantai; yang lain suka mandi busa.

Ada beberapa aturan umum untuk rutinitas malam hari yang lebih sehat. Pertama, simpan ponsel Anda dan matikan TV sekitar setengah jam sebelum tidur. (Kami tahu menelusuri media sosial itu menyenangkan, tapi percayalah.) Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari—ya, itu termasuk akhir pekan. Terakhir, lihatlah kamar tidur Anda. Apakah sudah siap untuk tidur? Periksa suhunya dan mungkin pasang tirai anti tembus pandang.

Gambar Getty-869762760 Gambar Getty-869762760

Marilyn Nieves/Getty Images

Terlalu lama, belum membacanya?

Menutup mulut bisa menjadi trik yang bagus untuk menjadikan pernapasan melalui hidung sebagai kebiasaan. Tidak ada penelitian yang cukup untuk mendukung keefektifannya, namun menurut anekdot, ini berhasil pada sebagian orang. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda mulai. Anda mungkin memiliki kondisi mendasar seperti sleep apnea, yang dapat diperburuk oleh ketidakmampuan bernapas melalui mulut.

Lakukan uji coba di siang hari untuk memastikan Anda dapat menoleransinya dan terbiasa dengan perasaan tersebut. Jika Anda biasanya kesulitan bernapas melalui hidung di siang hari, sebaiknya lewati tips tidur ini.