Kualitas Tidur dan Kesehatan Jantung: Hubungan yang Saling Terkait


Kita semua pernah ke sana: Ini jam 2 pagi, Anda basah dan gugup, kaki Anda terkilir di antara seprai. Anda hanya punya waktu beberapa jam lagi untuk bangun dan bersiap menghadapi hari, namun sekarang Anda sudah terjaga dan otak Anda menolak untuk tenang dan membiarkan Anda kembali tidur.

Cerita ini adalah bagian dari Bulan Kesadaran Tidur 2024CNET mendalami bagaimana tidur memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengapa tidur penting bagi semua aspek kehidupan.

Sesekali sering terjadi malam gelisah disertai kurang tidur. Namun terus-menerus melewatkan tujuh jam tidur penting ini meningkatkan risiko berbagai penyakit atau gejala mental dan fisik, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit lain yang memengaruhi kesehatan jantung Anda.

Meskipun hal ini tampaknya sudah menjadi rahasia umum, namun hal ini belum tentu merupakan berita lama. Pada musim panas tahun 2022, American Heart Association menambahkan durasi tidur ke dalam daftar 8 hal penting yang harus dilakukan orang untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular mereka – istilah umum untuk fungsi jantung dan pembuluh darah Anda.

Hal yang baik tentang tidur adalah ada banyak cara untuk memperbaikinya. Meskipun kebersihan tidur yang buruk terus-menerus membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit, efek dari kurang tidur biasanya bersifat kumulatif dan Anda dapat mengembangkan kebiasaan baru untuk meningkatkan kualitas tidur yang cocok untuk Anda.

Inilah tepatnya bagaimana kurang tidur mempengaruhi kesehatan jantung Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Kurang tidur meningkatkan tekanan darah Anda (dan tingkat stres Anda)

Logo tips kesehatan. Logo tips kesehatan.

Seiring waktu, kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Salah satu alasannya adalah, seperti yang dikatakan Dr. Francisco Lopez-Jimenez dari Mayo Clinic menjelaskan bahwa tidur membantu tubuh mengontrol hormon yang dibutuhkan untuk mengatasi stres dan metabolisme.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres tubuh. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat meningkatkan tekanan darah seiring berjalannya waktu, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, pembunuh nomor 1 di Amerika Serikat.

Ini bisa menjadi skenario ayam-dan-telur bagi orang-orang di luar sana yang menderita insomnia, tetapi juga bagi orang-orang yang jantungnya berdetak lebih cepat ketika mereka menyadari jam alarm mereka berbunyi hanya dalam beberapa jam. Anda mungkin stres karena kurang tidur, sehingga mengubah stres akut menjadi situasi stres jangka panjang.

Jika Anda mencari cara untuk tidur lebih nyenyak, lihat daftar tips tidur terbaik kami dari pakar tidur CNET.

Seiring waktu, Anda mungkin berisiko lebih besar terkena serangan jantung atau stroke

Karena kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang berdampak pada kesehatan jantung, masuk akal jika kurang tidur juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terjadinya kejadian kardiovaskular, termasuk stroke atau serangan jantung.

Sebuah studi tahun 2023 menemukan hubungan antara insomnia dan tidur lima jam atau kurang dan peningkatan risiko infark miokard (serangan jantung).

Selain itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S., kondisi tertentu yang berhubungan dengan tidur, seperti apnea tidur dan insomnia, dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda seiring berjalannya waktu.

Kelelahan dapat menyebabkan kebiasaan buruk lainnya (namun bukannya tidak dapat diubah).

Gambar Nastasi/Getty

Kurang tidur sebelum latihan keesokan harinya dapat memengaruhi latihan Anda dengan membuatnya terasa lebih sulit, berpotensi lebih menyakitkan dan secara keseluruhan kurang menyenangkan. Jika Anda merasa terlalu lelah untuk berolahraga, sebaiknya Anda melakukannya lebih jarang dan sebaiknya Anda tidak memaksakannya saat tubuh butuh istirahat. Namun seiring berjalannya waktu, kurangnya aktivitas fisik yang disebabkan oleh kurang tidur (atau hal lainnya) dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Faktanya, aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri dan kesehatan jantung Anda Tidak harus latihan penuh setiap saat. Aktivitas fisik dapat menurunkan tekanan darah dan membantu Anda mengelola kolesterol, gula darah, dan faktor lain yang dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Karena kurang tidur juga mempengaruhi hormon tubuh kita, maka nafsu makan juga bisa terpengaruh.

Seperti yang dijelaskan Rebecca Stetzer, ahli diet terdaftar dalam postingannya di Gundersen Health System, hormon yang mengatur rasa lapar terganggu setelah kurang tidur dan dapat menyebabkan Anda mendambakan makanan tinggi gula tambahan, lemak lebih sering dari biasanya, atau mengandung natrium. Itu berarti Anda mungkin merasa sangat lelah sehingga Anda mencari camilan tercepat – dan sering kali manis – yang akan memberi Anda tambahan energi yang Anda butuhkan.

Seperti kurang olahraga, pola makan yang terlalu banyak mengandung gula atau natrium secara proporsional nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh kita dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Secara keseluruhan, tidur yang cukup adalah bagian dari kesehatan jantung Anda, namun penting. Ini termasuk aktivitas fisik Anda, jumlah nutrisi yang Anda konsumsi, faktor gaya hidup seperti merokok dan apakah Anda dapat melaporkannya Kunjungi dokter sesekaliTidur berperan dalam seberapa sehat jantung Anda.

Rutinitas harian seperti diet dan olahraga tidak pernah permanen—Anda selalu dapat menyesuaikannya sesuai keinginan Anda—dan untungnya, ada kebiasaan sederhana yang dapat Anda masukkan ke dalam rutinitas harian Anda untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Ini beberapa Lebih banyak tips untuk meningkatkan kualitas tidur Anda Dan Apa yang perlu Anda ketahui tentang skrining penyakit jantung.